Minggu, 02 Desember 2012

Header dan Footer :


Cara menambahkan atau menghapus header dan footer

  • Untuk membuat header atau footer, ikuti langkah berikut:
  1. Pada Lihat menu, klik Header dan Footer. Word menampilkan toolbar Header dan Footer dan switch untuk mencetak tampilan tata letak.
  2. Untuk beralih antara header dan footer, klik tombol beralih antara Header dan Footer di toolbar Header dan Footer .
Garis putus-putus bebas-percetakan membungkus daerah header dan footer. Teks dan grafis dalam dokumen yang terlihat, tetapi redup. Untuk menampilkan atau menyembunyikan teks dokumen, klik tombol Tampilkan/Sembunyikan dokumen teks pada bilah Header dan Footer .

Anda dapat ketik dan format teks di daerah header atau footer yang sama seperti yang Anda lakukan di dokumen utama. Setelah membuat header atau footer, klik Tutup di toolbar Header dan Footer untuk kembali ke bagian utama dari dokumen. Dalam pandangan cetak layout (pada Lihat menu, klik Cetak tata letak), header dan footer terlihat tetapi muncul redup.

Untuk mengedit yang sudah ada header atau footer, klik Header dan Footer pada Lihat menu, atau, dalam pandangan cetak layout, klik-ganda redup header atau footer untuk beralih cepat ke header atau footer.

  • Untuk menghapus header atau footer, ikuti langkah berikut:
  1. Posisi penyisipan titik di suatu tempat di daerah utama teks dokumen.
  2. Pada Lihat menu, klik Header dan Footer.
  3. Pilih informasi header atau footer yang ingin Anda hapus, dan kemudian tekan Hapus atau BACKSPACE pada keyboard.
  4. Untuk kembali ke dokumen, klik Tutup di toolbar Header dan Footer , atau klik dua kali di daerah utama teks dokumen
  • Membuat Header Dan Footer Yang Berbeda Berdasarkan Nomor Halaman

  1. Header dan footer dapat dibuat berbeda misalkan khusus untuk halaman pertama, atau berdasarkan penomoran halaman ganjil dan genap.
  2. Klik File-Page Setup-Layout atau bisa juga dengan mengklik Page Setup-Layout pada jendela Header and Footer.
  3. Klik pada Different First Page jika diinginkan halaman pertama yang dibedakan, atau Different odd and even jika dinginkan perbedaan untuk nomor halaman ganjil dan genap.
  4. Klik OK.
  • Membuat Header Dan Footer Yang Berbeda Berdasarkan Section

  1. Selain dibedakan berdasarkan halaman, header dan footer dapat dibuat berbeda berdasarkan section. Hal ini berguna misalnya pada saat kita akan membuat header atau footer yang berbeda untuk setiap bab pada tulisan yang kita buat.
  2. Misalkan kita akan membuat header halaman ganjil yang berbeda untuk masing-masing section dan membuat header halaman genap yang sama untuk semua section. Header halaman ganjil pada section 1 diberi header “Ini adalah header halaman ganjil untuk section 1” sedangkan header halaman ganjil untuk section 2 diberi header “Ini adalah header halaman ganjil untuk section 2”. Header halaman genap diberi tulisan “Ini adalah header halaman genap”.
  3. Bedakan header halaman ganjil dan genap dengan cara yang telah dijelaskan pada bagian Membuat Header Dan Footer Yang Berbeda Berdasarkan Nomor Halaman.
  4. Pada halaman ganjil tuliskan header “Ini adalah header halaman ganjil untuk section 1” dengan cara seperti yang terdapat pada bagian Membuat Header dan Footer. Kemudian lakukan hal yang sama untuk header halaman genap dengan tulisan “Ini adalah header halaman genap”.
  5. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memisahkan section, misal untuk membuat section baru pada halaman berikutnya klik Insert – Break – Section Break Types – Next Page. Anda dapat memilih option Section Break Types lainnya sesuai kebutuhan.
  6. Sekarang kita menuju halaman ganjil pada section 2. Saat ini pada header masih tertulis sama seperti header section 1 yang telah kita buat sebelumnya. Hal terpenting yang harus dilakukan untuk membedakan header section ini dengan section sebelumnya adalah kita harus memutus link header halaman ganjil pada section ini dengan section sebelumnya, caranya klik tombol Link to Previous pada toolbar Header/Footer. Tombol inilah yang mengatur apakah header atau footer pada section saat ini akan dibuat sama ataukah berbeda dengan section sebelumnya.
  7. Ubahlah header halaman ganjil pada section 2 ini menjadi “Ini adalah header halaman ganjil untuk section 2”.
 Contoh :
Footer
header:
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar